Jumat, 14 Maret 2014

Cerita Baking

Konon (sambil menerawang jauh), saya itu kepengeeen banget yang namanya bisa baking.
Iya bener, dari dulu saya mupeng kalo liat blog emak-emak, yang jago bikin aneka cake, bolu (cake sama bolu itu beda loh) puding, brownies (berondong manis), kue kering, kue basah dan sejenisnya dan sebagainya .
Apalagi kalo liat resep2 masakan yang dari poto nya aja udah bikin 'aduhaaiii (lu kata apaan) dan spontan, produksi ilerr saya melonjak drastis...

Karena keseringan mantengin blog2 tsb, akhirnya saya terinspirasi untuk menjadi CHEF WANNABE  huuuuu...(penonton bubar) *gubrakk.

Dengan niat dan semangat yang mantebb, saya mulai beli peralatan baking, dari yang perintilan sampe yang bangkotan (??) mulai dari spatula karet, spatula plastik, loyang2 dari loyang bulet ada, loyang kotak ada, loyang tulban (yang bolong tengahnya) pun ada, gelas ukur plastik, saringan tepung, sendok ukur plastik, sendok SEMEN, gergaji hahaa *gak ding..cetakan kue putu, sampe timbangan digital dan sebagainya dan sebagainya.

Oiya, kalo kukusan sama mixer mah saya pake punya mama doong. Saya juga membeli beberapa bahan kue, dari tepung terigu, tepung ketan hitam, TBM, margarin, aneka pewarna baju makanan, gula, vanili De eL eL..

Terus..resep nya udah ada?

Tenang, sebelum memburu alat perang baking dan bahan2 bangunan kue itu, saya udah koleksi resep dari jauhh2 hari..(hahaha...niatt).
Bukan..bukan beli di toko buku atao hasil ngoleksi dari majalah2 and tabloid yang ada resep2 nya. Tapi saya koleksi resep dari hasil browsing sono sini, yang selanjutnya tinggal ngeprint dong di kantor dari kertas2 print yang gak terpakai hehehe...kreatif ya saya, najoooongg *gak modal

Hanya dengan bermodalkan resep hasil browsing tok tanpa berguru/kursus ke SUHU BAKING, maka, jadilah sponge cake kukus perdana saya yang hasilnya gak karu-karuan *memble*...

Iya waktu itu, saya masih coba bikin cake dan kue2 basah yang dikukus aja, belum pernah bikin yang di panggang samsek. Soalnya belom punya oven (beliin doongg)..
Sponge cake perdana yang saya ciptakan adalah, cake pandan dan cake cokelat. Penilaian rasa bagi pemula amatiran kayak saya ini, menurut keluarga saya sih lumejen enak lah (mungkin mereka iba kali hahaha) cuma bentuknya itu loh, ngembang nya ogah-ogahan, trus menyon sana sini wkwkwkkwkk...*ngelus dada

Saya juga udah dua kali doongg bikin brownies kukus :) (beuuh baru 2x aja bangga,,*tepokjidat) yang pertama rasanya enak loh, beneran.!..ngembang sempurna, trus nyoklat bangetttt dan jadi rebutan orang rumah hahayyyy (senangnyaaa) :D

Pasti yang kedua lebih enakk yah?

Beneeerrr banget, enak BANGET (enak buat di lepeh trus kumur2 7x salah satu nya pake tanah) wkakakakakakk...rasanya gajee, manis cenderung paiiiitttt...brownis nya item gitu, mungkin karena saya pake tepung ketan item kali yah? (ya eyalah) trus, kesalahan lainnya karena saya kebanyakan ngasih cokelat bubuk nyaaa hiks..(cokelat bubuk yang saya pake waktu itu yang merk biasa).

Pernah juga saya bikin kue putu ayu, enak sih ngembang pula tapi rada kerass (ngembang tapi kok keras sih? dasar amatiran). Padahal gak bantet kok, saya juga bingung kenapa bisa keras gitu...yah kalo buat nimpuk orang lumayan berasa lah ya hahaha...
Kayak ramadhan tahun lalu, saya di kasih tugas sama mama, buat bikin beberapa bolu untuk hantaran malam takbiran, semua bolu MENGEMBANG cantik dan sempurna serius *berbinar-binar* tapiiiii KERASS sodara-sodara :(*garuk2tanah

Masih banyak lagi deh, cake dan kue2 basah yang saya buat, walaupun hasilnya sangat pantas untuk dimuntahkan -____-...dan tentu aja, keluarga saya yang menjadi para KORBAN UJI RASA nya whahaha...(pletakk..*dilempar loyang)

Pengalaman di atas itu, adalah cerita saya sekitar beberapa bulan lalu (hampir setaun lah) hehehe..terus sekarang2 ini, saya ngerasa ogahhh banget sama yang namanya baking2an (ngukus kaleee).
Bukan, bukan  karena kegagalan yang bertubi2 menimpa kue2 buatan saya hahaha..(itu sih emang saya nya aja yang dudul) mungkin saya lagi baking blue, jadi males aja kalo liat mixer, loyang, muka sendiri, dandang kukusan, dan kawan2 nya itu.

Yah mudah2an baking blue nya gak berlangsung terus2an. Supaya saya bisa ber eksperimen lagi di dapur. Untuk menyulap telor, gula, terigu menjadi sebuah KARYA CIPTA yang bisa membuat lidah siapa pun yang mencobanya jadi 'termelet-melet' dan perut nya jadi 'gempa bumi' dadakan ngahahahaa...

Saat ini, saya sedang berusaha keras mengumpulkan semangat, agar bisa  menendang rasa MALAS dan mencoba resep2 baru...*iket kepala*.

Happy baking...yuhuuu...^_^

1 komentar: